Internet dan Online Memang Menyenangkan.
Bayangkan sebelum internet begitu populer, susahnya melakukan usaha sampingan. Karena kebanyakan mengandalkan promosi dari mulut-ke-mulut, artinya semakin banyak kawan semakin baik peluangnya. Tapi itu dulu.
Dengan INTERNET semuanya semakin dimudahkan untuk berpromosi selain berbiaya relatif rendah. Tidak hanya satu yang bisa ditawarkan, tetapi semua kemampuan kita. toh, namanya juga usaha sampingan .. semua peluang bisa menjadi income tambahan.
Sekarang, bagaimana kita mengatur waktunya, khan Anda masih seorang karyawan seperti saya.
Buatlah WEBSITE, ia akan menjadi salesman terbaik Anda.

Web Designer

Internet semakin menggurita saja, sudah banyak lembaga swasta maupun pemerintahan telah memiliki website sendiri. Keuntungan memiliki website tidak hanya sekedar untuk menaikkan gengsi si pemiliknya, tetapi sekarang banyak tujuan yang bisa ditarget dengan memiliki website.

Perkembangan yang menarik, bahwa saat ini banyak tersedia penyelenggara website gratisan seperti blogger.com yang dimanfaatkan oleh saya. Banyak lagi yang diberikan gratis, desain website juga banyak tersedia gratis dan instan, Anda hanya melakukan copas. Bahkan nama domain pun bisa Anda pilih secara cuma-cuma.

Lalu apa yang menguntungkan jika menjalankan bisnis sampingan sebagai web designer? Layanan gratisan biasanya di cap lebih cocok untuk kebutuhan personal, sedangakan untuk bisnis real, orang tetap memerlukan webiste yang profesional dengan tampilan unik sesuai dengan visi dan misi perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Modal utama untuk menjalankan bisnis sampingan ini antara buku referensi html, php & mysql, javascript dan desain grafik. Program aplikasi yang bisa digunakan dreamweaver, xamp, photoshop. Jika Anda belum memiliki kemampuan web programming bisa dengan mudah dipelajari. Siapkan program website CMS standar siap pakai seperti website sekolah, pemerrintahan, ukm dsb yang bisa dipoles sana sini menyesuaikan order yang didapat. Sebenarnya, program-program CMS banyak tersedia di internet dengan variasi harga, namun sebaiknya Anda membuatnya sendiri untuk memudahkan modifikasi. Untuk orderan website yang membutuhkan kualitas grafis yang tinggi atau animasi, Anda bisa men-suborder-kan teman-teman yang jago bermain grafis. Wajar jika untuk urusan art berkualitas memerlukan seorang professional.

Sebuah website baru biasanya memberikan support selama 1 tahun memperbaiki bug-bug dan perawatan database, setelah itu Anda bisa menawarkan jasa maintenance untuk merestorasi tampilan, database, dan upgrade. Klien yang puas dengan hasil kerja tentu tidak melewatkan kontrak service yang Anda tawarkan. Toh, Anda tidak harus mendatangi mereka, cukup dengan mengunjungi website mereka.

1 komentar:

  1. Saya ada blog jaket kulit asli tapi masih gratisan atau pakai cms blogger.. Kaau saya mau cari web design yang bagus dimana ya? Cari rekomendasi yang bisa mobile friendly , loading blog cepat dan ringan..

    BalasHapus

Konsumen Sekaligus Pebisnis

Anda masih penasaran dengan model bisnis MLM, Multi Level Marketing. Cuma dua ide saja yang saya berikan supaya Anda dengan senang hati menggeluti bisnis ini..lanjut
Powered By Blogger